Macam Macam Penyakit Ginjal

By | 29 Januari 2016

Macam Macam Penyakit Ginjal mungkin baru sebagian kecil orang yang mengetahuinya. Oleh karena itu, kami akan memberikan informasi mengenai apa saja macam macam penyakit yang bisa menyerang ginjal. Dengan mengetahuinya, Anda menjadi lebih mudah untuk mengobatinya.

Ketahui Macam Macam Penyakit Pada Ginjal

macam macam penyakit ginjalGinjal merupakan bagian dari saluran kemih tubuh. Saluran kemih terdiri dari dua ginjal, dua ureter seperti tabung yang mengalirkan urin dari setiap ginjal ke kandung kemih ( kantung penyimpanan ), dan uretra, tabung lain yang membawa urin keluar dari tubuh. Otot membantu mengontrol pelepasan urin dari kandung kemih

Ginjal adalah sepasang organ berbentuk kacang yang terletak di bagian bawah tulang rusuk di sisi kanan dan kiri dari belakang. Dalam ginjal terdapat sekitar satu juta unit penyaringan darah kecil yang disebut nefron. Dalam setiap nefron, darah terus disaring melalui sekelompok mikroskopis perulangan pembuluh darah, yang disebut glomerulus a. Glomerulus memungkinkan lewatnya air dan molekul kecil tapi tetap sel darah dan molekul yang lebih besar.

Fungsi dari organ ginjal ini sangat penting untuk kelangasungan hidup manusia, karena apabila ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka dipastikan kesehatan kita dalam posisi terancam. Seperti organ tubuh yang lain, ginjal juga bisa terkena penyakit. Berikut ini macam macam penyakit ginjal:

Batu Ginjal

Batu ginjal ( renal lithiasis, nefrolitiasis ) adalah batu-batu yang terbuat dari garam mineral dan asam. Batu ginjal berukuran kecil dan keras yang merupakan deposit mineral yang terbentuk di dalam ginjal. Seringkali, batu ginjal terbentuk ketika urine menjadi terkonsentrasi, memungkinkan mineral mengkristal dan membentuk sebuah batu.

Gagal Ginjal

Gagal ginjal, juga dikenal sebagai penyakit ginjal stadium akhir, terjadi ketika ginjal tidak lagi mampu menghilangkan limbah dari darah Anda dan mengontrol tingkat cairan dalam tubuh. Gagal ginjal dapat terjadi tiba-tiba ( akut ) atau secara bertahap (kronis ). Orang-orang dengan gagal ginjal membutuhkan dialisis atau transplantasi untuk tetap hidup.

Nefritis

Nefritis mengacu pada peradangan di salah satu atau kedua ginjal. Hal ini dapat disebabkan oleh infeksi, tetapi paling sering disebabkan oleh gangguan autoimun yang mempengaruhi organ utama. Misalnya, orang yang menderita lupus berada pada risiko yang lebih tinggi untuk terkena nefritis. Dalam kasus yang jarang terjadi, kondisi ini dapat diturunkan secara genetik ( faktor keturunan ), meskipun mungkin tidak terjadi di masa kanak-kanak.

Hematuria

Hematuria adalah kondisi dimana terdapat darah dalam urin. Ada dua jenis darah dalam urin. Darah yang dapat dilihat dalam urin disebut hematuria gross. Darah yang tidak dapat dilihat dalam urin, kecuali ketika diperiksa dengan mikroskop, disebut hematuria mikroskopik.

Albuminuria

Albuminuria adalah kondisi dimana terlalu banyak protein dalam urin. Hal ini kadang-kadang disebut sebagai “mikroalbuminuria” yang menunjukkan tingkat yang sedikit tinggi protein dalam urin. Proteinuria terbuka atau “macroalbuminuria” menunjukkan lebih dari 300mg albumin dalam urin per hari.

Polikistik

Penyakit ginjal polikistik adalah kelainan bawaan di mana kelompok-kelompok kista berkembang terutama dalam ginjal. Kista adalah kantung bulat non-kanker yang berisi cairan seperti air. Kista bervariasi dalam berbagai ukuran. Karena mereka menumpuk lebih banyak cairan, mereka dapat tumbuh sangat besar.

Glomerulus

Glomerulus adalah struktur berbentuk bola kecil yang terdiri dari pembuluh darah kapiler aktif terlibat dalam penyaringan darah untuk membentuk urin. Glomerulus adalah salah satu struktur kunci yang membentuk nefron, unit fungsional dari ginjal.

Itulah macam macam penyakit ginjal yang dapat Anda ketahui. Apabila Anda mengalami salah satu dari beberapa penyakit diatas, segeralah lakukan pengobatan karena apabila dibiarkan, bukan tidak mungkin kondisi penyakit yang lebih serius akan menimpa Anda.

Sumber : Obat Penyakit Ginjal

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *